Melihat Panorama Alam Gunung Kelud dari Puncak Gajah Mungkur

Diposting oleh arief setiyawan di 21.21.00

Sudah setahun kami berkunjung ke Gunung Kelud, akhirnya kami kembali mengunjungi Gunung Kelud untuk yang kedua kalinya. Kali ini cuaca cukup cerah sehingga tidak ada kabut yang menutupi puncak Gunung Kelud.
Gunung Kelud merupakan obyek wisata andalan di Kabupaten Kediri. Merupakan gunung berapi yang cukup aktif dengan waktu letusan tiap 10 tahun sekali.

Setelah melewati terowongan, kami mencoba mendaki tangga yang menuju ke salah satu puncak Gunung Kelud. Tangga demi tangga kami lewati disebelah kanan kiri kami merupakan jurang yang cukup dalam sehingga kami harus berhati-hati dalam menginjakan kami di tangga.
Beberapa puncak di Gunung Kelud antara lain Puncak Kelud (1731m), Sumbing(1518m), Lirang (1414m), Gajahmungkur (1488m) dan Kombang (1514m).

Akhirnya kami mencapai sebuah gardu pandang yang merupakan akhir dari anak tangga. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menginjakkan kaki ke 200 buah anak tangga. Sebetulnya perjalanan menuju puncak belum selesai karena masih ada gundukan tanah yang lebih tinggi. Dari gardu pandang kita dapat melihat kondisi kubah lava baru yang disebut anak gunung Kelud. Di sebuah sudut anak gunung Kelud, terdapat sisa-sisa dari air danau kawah yang menghilang akibat erupsi Gunung Kelud.

Dari gardu pandang kami dapat melihat puncak gunung yang lainnya seperti Puncak Sumbing yang tingginya mencapai 1518m dpl. Pemandangan cukup indah di gardu pandang ini. Sayang kondisi bangunan gardu pandang kurang terawat dan minim fasilitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Kaca Ngajeng

Related Posts with Thumbnails
Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Daftar Blog Sahabat